Catatan Perjalanan Menuju Lindu

Pada tanggal 16-19 Mei 2019, IBU Foundation mengunjungi lima desa di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dalam rangka melakukan pendataan dan meninjau kondisi fasilitas air bersih dan sanitasi. Lima desa yang kami kunjungi yaitu Puro’o, Langko, Anca, Tomado, dan Olu. Lima desa tersebut menjadi target pelaksanaan Program WASH.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama bagi mayoritas tim sehingga memberikan kesan yang cukup mendalam bagi tim. Kami dihadapi dengan medan yang cukup menantang karena harus melalui jalan yang tertutup material sisa banjir dan longsor. Keadaan tersebut membuat tim harus mengerahkan peralatan dan tenaganya untuk membersihkan jalan agar dapat dilalui oleh mobil yang kami tumpangi. Namun, hal tersebut tidak mengurungkan niat kami untuk tetap melanjutkan perjalanan.

Terbatasnya akses menuju Kecamatan Lindu dan kondisi pasca-gempa juga dirasa mempengaruhi ketersediaan pasokan listrik di desa-desa. Sehingga masih terdapat desa-desa yang belum mendapatkan listrik ataupun aliran listriknya terputus. Meskipun demikian, desa-desa yang kami kunjungi menyuguhkan suasana alam yang indah dan asri, tidak lupa pemandangan di sekitar Danau Lindu yang sangat menenangkan.

Secara keseluruhan kegiatan empat hari mengunjungi desa-desa di Kecamatan Lindu berjalan lancar. Saat kunjungan, terlihat warga sudah mulai beraktivitas seperti semula dan mulai melakukan pembangunan kembali rumah-rumah dan jamban yang rusak. Meskipun di beberapa desa yang kami kunjungi masih terlihat tenda-tenda darurat. Warga dan beberapa pihak pemangku kepentingan desa yang kami temui pun menyambut baik rencana kegiatan Program WASH di lima desa tersebut.

Suka artikel ini?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *