Mutual Learning and Sharing Experiences

Ditulis oleh: Alizée Servant

Aku magang di Yayasan IBU dari tanggal 1 Juli hingga 9 Agustus 2019. Walau cukup singkat, aku telah belajar dan mendapat pengalaman. Pada pertemuan pertama, aku perlu tahu bagaimana Yayasan IBU bekerja, di kantor pusat dan Palu tentang teori sampai teknis bekerja di lapangan dan praktik. Aku diperkenalkan dengan berbagai regulasi, rencana organisasi dan komunikasi, alat monitoring dan evaluasi. Sekarang, aku tahu betul bagaimana semuanya bekerja di dalam Yayasan IBU, dari pengembangan program, implementasi, monitoring, dan evaluasi hingga komunikasi.

Pada awal waktu magang, aku mengerjakan pengembangan konten dalam situs web IBU dengan menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan materi komunikasi. Hal tersebut merupakan cara untuk meningkatkan keterampilan bahasa Indonesiaku juga, serta percakapan sehari-hari dengan staf, terutama di kantor pusat. Oleh karena itu, aku bisa mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang beberapa pengalaman para penerima manfaat dan staf IBU.

Aku juga mendapat kesempatan besar untuk mengunjungi kantor IBU di Palu. Aku bertemu dengan staf di sana, para mitra yang berbeda, membantu beberapa pertemuan, dan lokakarya yang partisipatif. Berkat hal-hal tersebut, aku memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pekerjaan di lapangan, namun aku terkadang menemukan kesulitan selama pelaksanaan kegiatan, serta kenyataan sewaktu bekerja, dan kolaborasi mitra melalui beberapa pertemuan dengan para mitra. Itu adalah pengalaman yang sangat bisa memperkaya pengalamanku. Setelah kunjungan ke Palu, aku diberi kesempatan untuk meninjau hasil asesmen kegiatan dan laporan akhir dari dua programa. Tentunya, hal tersebut memperdalam pemahamanku mengenai program diamati di kantor Palu.

Magangku menjadi sebuah tantangan juga. Karena aku memang tertarik dalam pengembangan dan implementasi sebuah program, aku diminta untuk membuat catatan konsep untuk program baru mengenai penanganan perubahan iklim dan bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim. Aku dibebaskan untuk membuat konsep dari program tersebut, dimana hal tersebut menarik namun menantang! Setelah beberapa hari berusaha untuk membuat, aku berhasil menyelesaikan catatan konsep tersebut, setelah itu diperiksa dan direvisi oleh direktur eksekutif. Dia menggunakan ide-ide yang diajukan olehku dan memeriksa untuk membuat catatan konsep akhir dan siap dikirim ke donor. Sangat memperkaya pengalamanku dalam pengembangannya. Catatan konsep yang sudah kubuat memang tidak sempurna, tetapi aku bisa belajar banyak dari penelitian yang didapat, pekerjaanku, dan beberapa ulasan. Belajar mengenai pengembangan program sangat menarik dan bermanfaat, serta aku bisa mendapat pengalaman yang sangat beragam. Kegiatan pengembangan program tersebut memperkuat motivasiku untuk bekerja nanti, setelah aku menyelesaikan magister, di manajemen program di sebuah LSM.

Secara keseluruhan, aku telah belajar dan mendapatkan pengalaman banyak di Yayasan IBU. Terutama staf di kantor pusat selalu mendukungku dalam mengerjakan tugas dan menjawab semua pertanyaan – ya, kadang-kadang cukup banyak juga. Aku merasa bersyukur atas kesempatan, kepercayaan, dan dukungan yang mereka berikan kepadaku. Kegiatan magangku didasarkan pada pembelajaran yang partisipatif dan berbagi pengalaman: mereka selalu meminta pendapat, ide-ide, dan komentar. Sehingga, aku merasa menjadi bagian dari tim – itu tidak terjadi di setiap kegiatan magang yang kita lakukan. Terima kasih atas semua berkat ini, sehingga kapasitas dan kepercayaan diriku meningkat.

Suka artikel ini?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *