Penggalangan Dana IBU 1000 Keluarga dan 100 Pemulung

IBU terbentuk ketika se-rombongan relawan melakukan kegiatan tanggap darurat bencana tsunami dan gempa pada tanggal 26 Desember 2004 di Aceh dan Nias, dan menjadi Organisasi Non Pemerintah Nasional yang sah dan menjadi yayasan yang menyelenggarakan program-program kemanusiaan dan pembangunan di seluruh Indonesia.
Kerja yang diusung oleh IBU sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024 dalam bentuk rencana strategis dengan target populasi perempuan, anak dan remaja dalam sektor kemanusiaan maupun pembangunan/pemberdayaan. Dalam sektor kemanusiaan, IBU bergerak dalam program tanggap bencana sektor di kesehatan (pelayanan medis dan nutrisi), proteksi (pelayanan psikososial dan kesehatan mental secara komprehensif) dengan Program Rumah Kencana, selanjutnya WASH (water supply, sanitation and hygiene promotion), pemulihan mata pencaharian, dan pendidikan yang mengarusutamakan Perlindungan dari Kekerasan dan Eksploitasi Seksual (PKES), perlindungan anak, adaptasi perubahan iklim, dan pengurangan risiko bencana. Pada pelaksanaan programnya, IBU membangun jejaring serta kolaborasi bersama masyarakat, Civil Society Organisation, pemerintah serta lembaga-lembaga internasional.

Program Donasi

Kondisi pandemi yang diakibatkan oleh mewabahnya COVID-19, telah berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat khususnya di wilayah yang dijadikan sasaran, dalam hal sistem kesehatan, ekonomi, kebutuhan pangan dan nutrisi, serta risiko meningkatnya populasi rentan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan serangkaian kolaborasi serta upaya kolektif dari berbagai pihak. Salah satu upaya yang dilakukan oleh IBU sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan adalah mengajak publik untuk berkontribusi dengan cara berdonasi. Program donasi publik yang diadakan oleh Yayasan IBU antara lain:

  1. Paket Pangan untuk 1000 Keluarga di Kota Bandung

Apa yang Dimaksud dengan Program 1000 Keluarga

Program ini bertujuan sebagai salah satu upaya dalam menjaga kondisi keluarga dari risiko ancaman kondisi wabah yang tak menentu, serta berdampak terhadap aspek kehidupan khususnya aksesibilitas pangan di Kota Bandung, melalui:

  • Dukungan bahan baku kepada dapur umum jaringan IBU di lapangan
  • Distribusi paket sembako (bantuan bahan pokok dan pangan bernutrisi)
  • Dukungan bibit, media tanam, alat berkebun dan pelatihan berkebun di perkotaan (urban farming) sebagai salah satu langkah membangun upaya program yang berkelanjutan.

Siapa Penerima Manfaat dari Program

IBU akan menjangkau dan mendistribusikan bantuan kepada 1.000 keluarga yang termasuk ke dalam karakteristik masyarakat rentan. Data tersebut diperoleh dari simpul jejaring IBU serta komunitas/kolektif yang bergerak di lapangan secara langsung, juga mengintegrasikan data tersebut dengan kondisi demografis dari sumber data sekunder di Kota Bandung. Bantuan diberikan kepada keluarga dengan anggota yang termasuk kepada kelompok rentan, diantaranya:

  • Kepala Keluarga (KK) yang kehilangan pekerjaan dan mendapatkan pendapatan di bawah UMR
  • Perempuan, termasuk remaja perempuan, perempuan hamil, perempuan menyusui.
  • Disabilitas
  • Lansia
  • Anak
  • Tinggal di wilayah zona merah, dan tempat tinggal yang dekat dengan titik transmisi virus yang memungkinkan potensi risiko penularan (terminal, pasar, jalur lintasan perpindahan manusia)

Daerah Sasaran
Distribusi bantuan donasi untuk 1.000 keluarga akan tersebar di Kota Bandung.

Waktu Pelaksanaan Program ini

Waktu penggalangan dana dan penyaluran bantuan dilakukan sampai dengan tanggal 30 Juni 2020, dengan potensi perpanjangan waktu disesuaikan berdasarkan kebutuhan di lapangan.

Pelaksanaan Program

Program 1.000 keluarga dalam proses pelaksanaannya di Kota Bandung akan berjejaring dengan beberapa pihak khususnya komunitas/kolektif yang bergerak dalam sektor bantuan yang sama, yaitu distribusi bantuan pangan. IBU memiliki standar pemantauan kualitas program, sehingga proses pemantauan program menjadi hal yang tak kalah pentingnya dengan pelaksanaan program tersebut, sehingga data aktual akan selalu kami perbaharui sebagai bentuk akuntabilitas dan tanggung jawab lembaga terhadap publik.
Sedangkan di Kota Palu, IBU akan berkoordinasi dengan para pemulung sampah yang juga menjadi penerima manfaat Program Pengurangan Plastik.

2. Paket Perlindungan untuk 100 Pemulung

Apa itu Program Perlindungan Untuk 100 KK Pemulung

andemi COVID19 juga berdampak pada turunnya pendapatan para pemulung, terutama efek dari harga sampah plastik per-kg yang turun 70%, menurut informasi yang didapatkan sejak bulan Juni Mei 2020. Selain itu, para pemulung juga rentan terhadap resiko tertularnya COVID19 karena belum tersedianya alat perlindungan diri yang disediakan oleh dinas terkait serta asuransi yang setidaknya menjamin perlindungannya di bidang kesehatan.

Siapa Penerima manfaat dari Program

Program ini ditujukan kepada 100 KK Pemulung di Kelurahan Kawatuna, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia. Hasil donasi akan didistribusikan sebagai bantuan perlindungan antara lain:

  • Alat Perlindungan Diri (APD) untuk Pemulung
  • Asuransi Kesehatan bagi Pemulung

Daerah Sasaran
Kelurahan Kawatuna, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia

Pertanggungjawaban Publik

Publik akan mendapatkan informasi detail terkait lembaga, serta uraian program yang akan dipublikasi melalui berbagai kanal media IBU, kemudian publik yang menjadi donatur akan mendapatkan update kegiatan pendistribusian bantuan secara aktual yang juga dipublikasi di kanal media IBU. Disamping pendistribusian bantuan, IBU pun akan melakukan pemantauan kegiatan secara berkala untuk memantau kondisi penerima manfaat, pembaharuan data penerima manfaat serta pembelajaran penting yang didapatkan di lapangan bersama jaringan di lapangan.

Setiap satu minggu sekali, kami akan menginformasikan di kanal sosial media IBU, yaitu Instagram dan Facebook, dengan spesifik nominal, item yang didistribusikan, jumlah penerima manfaat dan lokasi.

Narahubung
Segala bentuk pertanyaan dalam konteks pelaksanaan program donasi Paket Pangan untuk 1.000 Keluarga se Kota Bandung dan Paket Perlindungan untuk 100 KK Pemulung di Kawatuna, Sulawesi Tengah dapat didapatkan dengan menghubungi secara langsung di hotline 08114614000 (whatsapp) atau melalui Direct Message di Instagram @ibufoundation dan Fan Page Facebook IBU Foundation.

Donasi dapat Dikirimkan Melalui

Rekening donasi yang digunakan oleh IBU khusus untuk program ini, yaitu Bank Mandiri a.n. Yayasan Indonesia Bhadra Utama 1300046477777 Swift Code: BMRIIDJA
Atau
PayPal: riki.gustiansyah@ibufoundation.or.id

Headquarter IBU Foundation di Jl. Banjarnegara No.14, Antapani Kidul, Kec. Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat, 40291

Penutup

Masyarakat rentan selalu menjadi salah satu pihak yang paling terkena dampak dari ancaman serta risiko terjadinya kondisi gawat darurat kesehatan. Untuk itu, serangkaian upaya kolaborasi berbagai pihak harus hadir untuk menjaga masyarakat rentan tersebut agar aksesibilitas terhadap kebutuhan dasar dapat terpenuhi.

*Dana Publik yang terkumpul akan didistribusikan kepada penerima manfaat dalam program donasi Paket Pangan untuk 1000 keluarga di Kota Bandung dan Paket Perlindungan untuk 100 KK Pemulung di Kawatuna, Sulawesi Tengah

Suka artikel ini?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *